HOME
Home » Blogging » Pengertian Hosting – Apa Itu Hosting Dan Fungsi Hosting

Pengertian Hosting – Apa Itu Hosting Dan Fungsi Hosting

Posted at January 30th, 2017 | Categorised in Blogging

Apa sih Hosting itu? Apa sih fungsi Hosting?

Lama tidak pernah menulis lagi karena istirahat yang panjang, saat ini barulah memulai kembali untuk ngeblog dan mengisi konten lama yang sudah hilang indexnya di google. Dulu sewaktu aktif blogging postingan tentang pengertian hosting ini pernah dibuat, tapi karena blognya pernah terhapus jadi yah sekalian untuk namah postingan saja ditulis ulang lagi.

Bagi kita para blogger atau bagi anda yang ingin menjelajahi lebih jauh tentang dunia internet, hosting merupakan salah satu nama atau kata yang sering dibicarakan. Tapi apa sebenarnya pengertian hosting itu dan apa fungsi dari hosting?

Sebenarnya istilah ini dapat kita temui di Wikipedia yang membahas secara gamblang pengertian hosting. Tapi disini akan saya jabarkan menggunakan bahasa yang lebih sederhana biar lebih mudah untuk dimengerti dan dari beberapa sumber yang terpercaya.

Pengertian Hosting menurut Wikipedia

Layanan web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka hosting adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Pengertian Hosting menurut idebagus

Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Pengertian Hosting menurut Ajundi14

Hosting itu seperti flashdisk, tempat untuk kita menyimpan file yang kita miliki. Cuma bedanya, kita menyimpannya di sebuah server yang bersifat cloud. Jadi siapa saja bisa untuk mengakses atau melihat file yang kita miliki. Contohnya saja seperti file gambar, video, dokumen, maupun file-file yang ada di dalam blog kita.

Berdasarkan beberapa pemaparan di atas, dapat bisa dipastikan bahwa hosting itu pasti di sewakan dan memiliki harga. Nah, untuk urusan harga ini biasanya di pengaruhi lagi dari jenis dan type hosting itu sendiri.

Dari jenisnya hosting di bagi menjadi beberapa jenis yaitu:

Hosting berbagi (Shared Hosting)

Hosting berbagi adalah layanan hosting di mana sebuah akun hos ditaruh bersama-sama beberapa akun hos lain dalam satu server yang sama, dan memakai pelayanan bersama-sama. Satu website berbagi resource server seperti RAM dan CPU dengan user lain. Satu server bisa dihuni sedikit, sedikit sekali, ratusan hingga ribuan klien. Sesuai konsep berbagi, biaya pemeliharaan server tentu dibagi sesuai jumlah klien. Semakin banyak klien yang menghuni satu server, maka biasanya semakin murah biaya sewa yang harus dibayarkan klien.

Server Dedikasi (Dedicated Server)

Server terdedikasi adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam hos berbagi (shared hosting) atau VPS. Server-server tersebut bisa disediakan sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data (data center) kepada penyewa. Provider menyediakan satu set web server fisik lengkap dengan sistem operasinya. User mendapat root akses untuk masuk ke web servernya, dan bertugas melakukan pemeliharaan server yang telah disediakan melalui akses yang telah disediakan.

(Virtual Private Server)

Virtual Private Server (VPS) dibuat dengan membagi resource server fisik ke dalam server-server virtualisasi dimana resource dapat dialokasikan dengan suatu cara yang tidak  akan mempengaruhi hardware server secara langsung. Oleh sebab itu, di dalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan.

Dan setahu saya, dari ketiga jenis hosting yang sudah dijelaskan di atas yang paling mahal adalah yang jenis ketiga. Dan yang murah adalah yang jenis pertama yaitu Shared Hosting. Untuk blog ini sendiri menggunakan hosting jenis pertama dengan harga murah dari hostinger.

Itu saja yang bisa saya share tentang pengertian hosting serta manfaat hosting.

Semoga bermanfaat

(Visited 42 times, 1 visits today)

No comment for Pengertian Hosting – Apa Itu Hosting Dan Fungsi Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Pengertian Hosting – Apa Itu Hosting Dan Fungsi Hosting

Arsip Lama Blogger Sorong - Ternyata Selama Ini Salah. Image Source: jeffbullas.com

Arsip Lama Blogger Sorong – Ternyata Selama Ini Salah

Posted at March 2, 2017

Sebenarnya ane kali ini bukan mengeluh gan, tapi lebih dari itu ane hampir saja putus asa. Untung asa nya ga sampe putus karena masih... Read More

Masalah Yang Sering Dialami Seorang Blogger

Arsip Lama Bloggersorong – Masalah Yang Sering Dialami Seorang Blogger

Posted at March 1, 2017

Jika kita berbicara mengenai masalah ataupun tantangan yang sering dihadapi oleh seorang blogger, tentu pembahasan ini akan sangat panjang. Disamping itu masalah ini juga... Read More

Arsip Lama Lintas Papua - Pengertian Dofollow dan Nofollow

Arsip Lama Lintas Papua – Pengertian Dofollow dan Nofollow

Posted at February 27, 2017

Artikel ini dikhususkan bagi sahabat yang masih belum mengerti tentang arti dari sebuah blog yang memiliki atribut dofollow atau nofollow. Bagi yang sudah mahir,... Read More

Arsip Lama Lintas Papua - Seberapa Sering Anda Menulis? Image Source: netdna-cdn.com

Arsip Lama Lintas Papua – Seberapa Sering Anda Menulis?

Posted at February 27, 2017

Setelah memutuskan untuk menjadi seorang blogger dan memiliki sebuah blog, maka selanjutnya adalah menetukan tujuan dari blog anda. Rasanya kalimat di atas sudah sering... Read More

Arsip Lama Lintas Papua – Mengenal Alexa. Image Source: seomastering.com

Arsip Lama Lintas Papua – Mengenal Alexa

Posted at February 26, 2017

Rasanya kurang sreg kalau baru belajar ngeblog tanpa mengenal yang namanya alexa. Oya, siapa di antara anda yang tidak kenal dengan yang namanya alexa?... Read More